labelku

MUSIK SANGAT PENTING DI DALAM PENYEMBAHAN

Musik selalu memainkan peranan yang penting di dalam penyembahan kepada Allah. Apabila kita mundur ke belakang pada permulaan Penciptaan:

"Pada waktu bintang-bintang fajar bersorak-sorak bersama-sama, dan semua anak Allah bersorak-sorai" (Ayb 38:7).

Musik Ibrani pada saat ini adalah suara vokal. Pada saat itu hanya sedikit sekali alat musik di dalam sejarah mereka. Suara-suara dari manusia adalah suara yang paling bisa digunakan dan merupakan alat musik yang paling disukai untuk membuat suara musik.

Secara alkitabiah musik yang pertama kali disebutkan dan dinyanyikan ada di dalam  Kej 31:27, dan ini dihubungkan dengan ungkapan sukacita. Penyembahan di dalam nyanyian yang pertama disebutkan dalam  Kel 15:1, Musa bersama-sama dengan orang Israel menyanyikan nyanyian bagi Tuhan. Di dalam ayat  Kel 15:20,21 Miryam dan semua perempuan, memukul rebana serta menari-nari, membalas nyanyian dari Musa.

Penggalian sumur di Beer dirayakan dengan nyanyian (Bil 21:17,18).

Debora dan Barak memperingati kemenangannya dengan nyanyian (Hak 5:1-13).

Para wanita dari Israel merayakan kemenangan Daud atas Goliat dengan nyanyian (1Sam 18:6,7).

Empat ribu Imam-imam memuji Tuhan dengan alat-alat musik (1Taw 23:5) ketika Salomo dilantik menjadi raja atas Israel.

"Tujuh hari lamanya orang Israel...merayakan Roti Tidak Beragi dengan kesukaan yang besar, sedang orang-orang Lewi dan para imam setiap hari menyanyikan puji-pujian bagi Tuhan dengan sekuat tenaga" (2Taw 30:21).

"Daud memerintahkan para kepala orang Lewi itu, supaya mereka menyuruh saudara-saudara sepuak mereka, yakni para penyanyi, dengan membawa alat-alat musik seperti gambus, kecapi dan ceracap, untuk memperdengarkan dengan nyaring lagu-lagu gembira" (1Taw 15:16).

Jelas, bahwa musik dan nyanyian adalah kesatuan yang mutlak untuk memuji dan menyembah Tuhan. Ini digambarkan diseluruh Alkitab, dari Kejadian sampai Wahyu. Dan itu juga yang diperlukan hari ini. Adalah hal yang sangat vital, mulia dan positif untuk mengungkapkan pujian pada Allah.





Sumber: http://www.gbinglegok.com