labelku

MUSIK DAN KEKRISTENAN


 
Baca: Mazmur 150
Agar kita menyadari pentingnya musik dalam hidup dan ibadah Kristen sesuai dengan firman Allah.

1. ASAL DAN TUJUAN MUSIK.
Musik berasal dari hati Allah sendiri. Sebelum malaikat, alam dan manusia diciptakan, musik sudah ada dalam diri Allah. Scientist menemukan dimensi musik dalam gelombang terang. Allah adalah TERANG (I Yoh 1:5) - ada musik. Musik digunakan sejak semula dalam penyembahan. Allah menciptakan manusia dengan kerinduan untuk menyembahnya, dan Allah memberi kemampuan kepada manusia untuk itu melalui musik : Vocal atau instrumental.

Allah menyukai musik dan Dia ciptakan para malaikat untuk melayani dalam bentuk "Koor Surgawi" dan mungkin Lucifer adalah pemimpinnya (Yeh. 28:13 (KJV) ... thy tabrets and thy pipes, Yes. 14:11 .. gambusmu - thy viols). Tapi kerinduan Lucifer untuk disembah menyebabkannya jatuh (Yes. 14:12-15, Yeh. 28:11-19). Sejak itu Iblis berusaha memanipulasikan musik - "The Angel of Music" menjadi "Satan of Music".

2. KUASA DALAM MUSIK
Musik itu amoral, penggunaannyalah yang membuat musik itu jahat atau baik, merusak atau membangun. Musik punya fungsi audio-mental (pendengaran yang mempengaruhi jiwa), ia memiliki efek psikologis yang bersifat universal. Musik dapat mengekspresikan keagungan atau suasana santai, sukacita atau dukacita, dsb. Musik punya "bahasa" tanpa kata tersendiri yang dapat dikomunikasikannya dalam tinggi-rendahnya nada, pola lagu, ritme, melody, dll. sehingga orang dapat dipengaruhi oleh suasana musik tersebut.

Plato menganjurkan penggunaan musik dalam pendidikan angkatan muda.
Dr. Schoen dalam "The psychology of music " mengatakan bahwa musik adalah alat yang paling berpengaruh yang pernah dikenal para pendidik.
Su Tjing (filsuf Tiongkok abad 6 SM) pernah mengatakan, "Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengubah adat dan kebiasaan manusia, kecuali melalui musik!" Musik itu merniliki pengaruh yang besar.

a) Efek positif dari musik.

Penggunaan "musical therapy " dalam dunia medis. Orang yang akan dioperasi / dicabut gigi diberi soft music - tenangkan syaraf
Musik menolong sapi menghasilkan lebih banyak susu dan ayam menghasilkan lebih banyak telur, buah tanaman menjadi lebih besar.
Musik / lagu kebangsaan membangkitkan semangat patriotisme dalam membela negara.

b) Efek negatif dari musik

- Musik rimba dari Afrika punya kuasa untuk kejahatan, menggerakkan emosi, pikiran dan tubuh untuk berperang, membangkitkan hawa nafsu dan pesta pora kanibalistik.
- Musik Rock menyebabkan dekadensi moral dalam kebudayaan dan masyarakat. Phytagoras, penemu tangga nada diatonis dan interval nada, mengemukakan 3 elemen dasar musik yakni:
- Melody - bagian fundamentalnya.
- Harmony - chord yang menyokong melody, suara yang setuju dengan melody : mayor dan minor .
- Rhythm - beatnya, yang harus lebih lemah daripada melody dan harmony.
Tiga unsur itu dapat mempengaruhi roh , jiwa dan tubuh kita - baik secara positif
maupun negatif, tergantung penggunaannya.

3. PENGARUH IBLIS DALAM MUSIK
Iblis telah melakukan korup terhadap musik yang merupakan alat Allah yang indah,

agar melalui musik Iblis dapat mendemonstrasikan kuasanya dan menjadikan dirinya sendiri sebagai pusat penyembahan manusia. Iblis telah menggunakan banyak cara untuk menyesatkan generasi, kebudayaan dan bangsa melalui musik. Iblis telah menggunakan musik rimba primitif untuk membangkitkan nafsu dalam upacara magis dan cabul.
Mars militer digunakan untuk membangkitkan nafsu membinasakan sesama. Musik klasik digunakan agar manusia memuja keindahan musik itu sendiri, dan bentuk modern yang dipakainya kini ialah melalui musik ROCK! Musik Rock yang mulai populer sejak tahun 1960-an dipakai Iblis untuk menguasai pikiran dan perasaan manusia dengan suaranya yang bising, beat yang dominan, kata-kata yang destruktif dan "subliminal advertisement".
Beberapa fakta hubungan musik rock dan kuasa gelap :
a. Musik Rock berhubungan dengan penyembahan berhala.
b. Musik Rock berhubungan dengan kebudayaan pemberontakan, roh antikris. Mengekspresikan budaya "semau gue", dalam mode rambut, baju dan musik.
c. Musik Rock berhubungan dengan obat bius dan imoralitas/ percabulan.
"Rock Festivals" di Amerika dengan nudisme dan kecabulannya merupakan repetisi penyembahan patung lembu emas akibat pengaruh agama Kanaani (Keluaran 32: 17-25) - hal ini membangkitkan murka Allah .
d. Musik Rock banyak mengandung lirik lagu yang memuja Setan.
Mis: Dancing with Mr. Devil, Sympathy for the Devil (Rolling Stones).
Beelzebul has a Devil Set Aside Me... (Queen - "Bohemian Rhapsody). Highway to Hell ( AC/DC = anti Christ / Devil Children) dll.
Satu tehnik cuci otak bawah sadar: Backward Masking, merupakan penyamaran terselubung dari kata/kalimat yang hanya bisa diketahui bila pita kaset dibalik, orang yang ada dalam pengaruh obat bius lebih peka akan hal ini. Contoh lagunya : Another One Bites the Dust (jadi: We decided to smoke marjuana - Queen), Revolution Number Nine (jadi : turn me on dead man... let me out - Beatles! John Lennon : The Beatles lebih populer daripada Yesus ), Raunch n' Roll ( Black Oak Arkansas ), Stairway to heaven Led Zeppelin), bahkan pada lagu : I Just Called to say I Love You!
Suara keras/bisingnya juga merusak kesehatan, juga beat lagu Rock kadang-kadang membuat ketukan jantung manusia tidak sinkron (Dr. John Diamond Profesor psikologi di New York's Mount Sinai Hospital). Dr. Philip Beales: Orang yang selalu ke diskotik, daya pendengarannya bisa turun seperti orang berusia 60 tahun. Konferensi Internasional para sarjana ilmu akustik di Paris mengingatkan bahaya musik disco dan tata lampunya bagi kesehatan manusia.

4. MUSIK BAGI KEMULIAAN ALLAH.
Sudah saatnya kita menyadari pengaruh negatif dari musik yang dipengarahi Iblis dan

menolaknya, serta kembali memberikan musik itu bagi kemuliaan Allah saja (Yesaya 43:7). Bukan berarti kita harus buang kaset, tapi harus bersikap selektip.
Saatnya Allah sedang merestorasi musik dalam gerejanya, biar kita persembahkan padanya musik yang telah diberikannya pada kita. Seperti kata-kata William Booth (pendiri Bala Keselamatan ): Musik adalah pemberian Allah. Satu-satunya seni Surga yang diberikan kepada dunia, dan satu-satunya seni dunia yang dapat kita berikan balik ke Surga. Hingga melalui musik kita dapat melayani Allah, membangun saudara seiman, dan memenangkan mereka yang belum diselamatkan. Bagi Dialah kemulia an sampai selama-lamanya, Amin.
 
(Sumber : Benih Kekal - Departemen Pemuda & Anak Gereja Bethel Indonesia)