labelku

Mengajari Anak Belajar Menyanyi




Bernyanyi adalah kegiatan yang menyenangkan. Setiap orang suka menyanyi. Mengajari anak belajar menyanyi sejak dini tidak ada salahnya. Hal itu bisa menumbuhkan rasa percaya dirinya dan membuatnya menjadi anak yang kreatif.

Kesukaan anak terhadap bernyanyi, biasanya karena sering melihat orang tuanya dan orang-orang disekitarnya bernyanyi. Hal itu akan ditirunya dan membuat ia suka dengan aktivitas barunya itu. Anda bisa mulai mengajari anak belajar menyanyi sejak ia mulai bisa berbicara.

Saat si kecil mulai bisa bicara, mungkin kala ia bernyanyi pelafalannya masih kurang jelas. Anda bisa membnatu si kecil dengan ikut bernyanyi bersamanya. Jika perlu lakukan pula dengan gerakan-gerakan sesuai irama musik agar si kecil semakin bersemangat.
 

Melakukan kegiatan tersebut akan sangat menyenangkan. Hal yang akan membuat si kecil semakin bersemangat adalah saat Anda dan keluarga lainnya memberikan tepuk tangan saat ia berhasil menyelesaikan lagunya.

Hal ini akan membuatnya lebih percaya diri dan berani tampil di depan umum. Dengan bernyanyi pun akan memperkaya kosakata si kecil dengan cara yang menyenangkan. Tinggal bagaimana Anda mengarahkannya agar pelafalan si kecil semakin baik.

Anda bisa juga membelikannya kaset atau DVD lagu-lagu anak agar penguasaan lagu si kecil lebih luas lagi. Hindari mengajarkan lagu-lagu dewasa. Ada baiknya si kecil diperkenalkan dengan lagu-lagu yang memang untuk usianya.

Mengajari anak belajar menyanyi, akan melatih pula emosi dan ekspresi anak. Selain itu, menyanyi juga berarti melatih otot di bagian leher dan kepala serta melatih organ pendengarannya. Kreativitas dan keterampilan anak pun akan semakin berkembang.









Sumber:
Melindacare 23-05-2012