labelku

SIKAP FULLPOWER PELAYAN PUJIAN


Komitmen untuk bertumbuh
Ini juga merupakan dasar yg penting dari setiap personil, juga secara team. Mari kita  semakin bertumbuh dalam Yesus Kristus. Semakin bertumbuh dalam pengenalan akan Allah (Ef.4:13)

Komitmen untuk menjadi teladan
Berusaha untuk menjadi dan memberi teladan bagi umat Tuhan yang lain. Mari kita hindarkan hal-hal seperti di bawah ini :
datang terlambat atau hampir terlambat baik ketika bertugas maupun ketika tidak bertugas
melakukan kegiatan 'lain' (yang sebenarnya dapat dilakukan sebelum/sesudah acara kebaktian)  selama kebaktian, terlebih-lebih waktu penyampaian Firman Tuhan

Komitmen untuk "flowing" bersama team
Lebih dari pengembangan secara pribadi, tujuan kita adalah kemampuan untuk "flowing" bersama team. Kita perlu melihat bahwa team atau Komisi Musik & Pujian ini, bukan hanya suatu koleksi/kumpulan dari orang-orang yang berbeda satu sama lain, tapi merupakan satu kesatuan dengan satu tujuan. Bukan organisasi, tapi merupakan organisme (Ingat kita adalah satu tubuh, dan Yesuslah kepalanya). Sehingga kita dituntut untuk saling memperhatikan satu sama lain, tidak hanya pada waktu pelayanan saja, tapi dalam hal-hal yang lain juga.
ketika salah satu anggota tidak hadir dalam kebaktian, dapat kita menelpon, menanyakan keadaanya
ketika salah satu anggota dalam kesulitan, dapat kita mendoakannya
ketika salah satu anggota dalam kesulitan, dapat kita menolongnya

Komitmen untu menerima didikan
Sebagai pelayan, karena masih terus bertumbuh (baik dalam pengenalan akan Tuhan maupun dalam teknis), hendaknya memiliki sikap mau menerima didikan, baik melalui Firman Tuhan, hamba Tuhan, maupun melalui rekan-rekan sepelayanan. Dalam Ibr. 12:10, berbicara tentang bagaimana Allah juga mendidik umatNya. Biarlah kita yang melayani memberi hati kita menjadi siap untuk dididik.

Komitmen untuk disiplin waktu
Beberapa orang menganggap waktu sangat berharga. Jadi mari kita berusaha untuk menghargai waktu yang telah diberikan Tuhan, baik itu untuk berlatih ataupun waktu persekutuan dan waktu untuk melayani.

Komitmen untuk pengembangan skillfull
Setiap anggota dalam Komisi Musik dan Pujian, perlu untuk mengerjakan apa yg sudah Tuhan talentakan kepada masing-masing, dengan sungguh-sungguh untuk menjadi yg terbaik dari apa yg dapat kita kerjakan. Sehingga di sini, dituntut juga latihan pribadi. Kematangan suatu team musik dan pujian akan terlihat dari kematangan dari masing-masing personil.

Komitmen persiapan rohani untuk melayani
Persiapan secara rohani memiliki pengaruh langsung dengan keefektifan pelayanan musik & pujian. Kita harus siap, tidak hanya untuk menyanyi atau memainkan musik, tapi jauh lebih daripada itu yaitu siap untuk melayani Tuhan dan umatNya! Sehingga patut kita berdoa, berdoa, dan terus berdoa untuk mengandalkan kuasa Tuhan Yesus.

HAL-HAL PENDUKUNG LAINNYA!

Masa Persiapan (Probationary period)
Usahakan ada masa persiapan (kira-kira 2-3 bulan): yaitu seseorang, terutama yg baru memulai pelayanan dalam Musik & Pujian, ikut hadir dalam latihan, namun belum langsung turun melayani bersama.

Latihan setiap minggu (1 Taw. 25:7)
Setiap anggota yg bertugas diminta untuk hadir dalam latihan setiap hari tertentu sesuai kesepakatan, tertapi juga fleksibilitas dalam penentuan waktu latihan.
Worship Leader bekerjasama dengan Liturgos, wajib memberitahukan susunan lagu kepada singers, penanggungjawab musik, petugas operator lagu yang bertugas.
Kepada pelayan yang berhalangan pada minggu itu, diharap berinisiatif untuk menghubungi/mencari penggantinya secepatnya, dan memberitahu kepada team yang lain.

Persiapan Kebaktian Minggu
Setiap anggota yg bertugas diminta untuk hadir sebelum jam ibadah pada hari Minggu, untuk persiapan kebaktian, terlebih untuk persiapan rohani.

Fungsi lain
Setiap anggota dalam Komisi Musik dan Pujian, pada waktu tertentu, akan diminta siap untuk melayani juga pada acara-acara kebaktian yg lain, selain Kebaktian Minggu.

SELAMAT MELAYANI

Sumber: Anak Tuhan & Hamba Tuhan dari internet